Tuesday, 12 December 2017 - Hari Senin s/d Jumat Buka Jam : 09.00 s/d 17.00 , Hari Sabtu Buka Jam : 09.00s/d 15.00. Hari Minggu & Hari Libur Nasional Tutup
Home » Blog » Tips Memilih Pompa Air Bersih Sesuai Dengan Standard Kebutuhan Minimum

Tips Memilih Pompa Air Bersih Sesuai Dengan Standard Kebutuhan Minimum

Tips Memilih Pompa Air Bersih Sesuai Dengan Standard Kebutuhan Minimum
Ditambahkan pada : June 18th, 2015
Rp
*Harga produk dapat berubah sewaktu-waktu
Available
Kode Produk :
Dilihat : 732 kali
Kategori : Blog
Share it! Bagikan info produk ini kepada teman Anda
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

    * wajib diisi semua (tidak boleh ada form yang kosong)
    :
    :
    :
    :
  1. *pesan 10 pcs lebih?

  2. *Tulis keterangan tambahan seperti warna, ukuran atau pertanyaan khusus Anda tentang produk ini.
  3. * wajib diisi semua (tidak boleh ada form yang kosong)
    :
    :
    :

  4. *Contoh : Jl. Prambanan Gang.5 No.13B RT.01 RW.01
    Kota Banyuwangi / KodePos.68416 - Jawa Timur


  5. Pastikan Anda sudah mengisi semua form.
    Apabila ada yang kosong, order Anda tidak dapat dikirim.
    ( Klik tombol kembali untuk cek ulang )

Bingung Cara Order / Pesan?
Customer Service Toko mesin pompa air | Jual genset | dongkrak hidrolik siap melayani dan membantu Anda.
  1. Prinsip Kerja Pompa Air

Pompa air adalah suatu peralatan/mesin yang fungsinya untuk memindahkan/transfer air dari satu tempat ke tempat lain berupa : tangki penampungan, toren, sumur, kali/sungai dll. Jadi prinsipnya untuk membantu mengangkat air ke suatu tempat yang ditentukan/dibutuhkan.

Sesuai dengan perkembangan saat ini, khususnya mengenai pompa air dalam kebutuhan sehari-hari teknologi pompa air sudah maju sehingga penggunaannya mudah, praktis dan sederhana sekali serta tidak diperlukan keahlian khusus untuk pengoperasiaanya.

Pada dasarnya pompa air terdiri dari komponen utama yaitu :

  1. Rumah pompa (housing)
  2. Baling-baling (Impeller)
  3. Mechanical seal
  4. Poros/as (shaft)
  5. Lahar (Ball bearing)
  6. Accessories

Agar pompa air ini dapat bekerja diperlukan alat yang disebut penggerak (driving) yang berupa dinamo listrik (motor listrik), engine/mesin dll.

Bila pompa sudah terpasang dengan penggeraknya maka pompa dapat dioperasikan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Penggerak akan menggerakkan pompa air melalui putaran yang dihasilkan oleh penggerak seperti tsb di atas. Dengan kombinasi ini putaran yang dihasilkan oleh penggerak akan diterruskan ke pompa melalui media couple yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pompa. Gerakan/putaran diteruskan ke baling-baling pompa sehingga menghasilkan energi untuk mengangkat/mentransfer (berupa sedotan dan isapan air) air ke suatu tempat yang sudah ditentukan.

Besar kecilnya air yang diangkat/ditransfer bergantung kepada desain dari pompa dan penggerak. Angkatan air pompa dapat ditampung di tangki air atau langsung ke tempat dimana air tsb digunakan. Tentunya ada beberapa persyaratan agar pompa ini dapat bekerja dengan baik seperti kapasitas air (debit air), tinggi angkat-dorong air (head total) menentukan besar desai dari unit pompa.

Desain dari pompa air ada banyak, yang dilihat dari beberapa segi, akan tetapi yang dibahas dalam tulisan adalah pompa yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan standard air bersih saja (ditinjau berdasarkan kebutuhan standard air bersih untuk setiap orang).

 

  1. Kebutuhan Air Bersih

Air bersih merupakan kebutuhan utama setiap orang yang ada di muka bumi ini, sehingga air bersih tak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap orang

Air mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain itu, air juga sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan air pada tubuh manusia jumlahnya jauh lebih besar bila dibanding dengan kandungan zat – zat yang lain. Kandungan air pada tubuh bayi bisa mencapai 75% – 80% yang kemudian seiring dengan pertumbuhan tubuhnya, kandungan air pada manusia dewasa berkurang hingga mencapai 60% – 65% untuk pria dan 50% – 60% untuk wanita. Otak manusia juga terdiri dari 85%. Sedangkan tulang kita terdiri dari 10% – 15% air. Struktur kimia dari air adalah H2O dan baik hidrogen maupun oksigen memiliki peran yang penting dalam sistem kehidupan manusia.

Sekitar 60% dari kandungan air dalam tubuh kita membentuk kompartemen intraseluler. Keseimbangan dari ekstraseluler terdiri dari dua bagian. Yaitu cairan intravascular sebanyak 20% dan 80% sisanya merupakan komponen cairan dari darah, hati, pembuluh darah vena, serta pembuluh darah kapiler. Dimana semua cairan ini termasuk cairan yang membasahi semua sel (termasuk tulang belakang), cairan yang mebasahi mata, sampai pada air liur dan getah bening.

Fakta umum yang sebenarnya telh kita ketahui bersama adalah air merupakan salah satu obat terbaik untuk penyakit – penyakit yang sifatnya umum. Sehingga bila kita mengkonsumsi minimal 8 gelas per hari (setara dengan 2ltr air), maka kita akan terhindar dari banyak penyakit. Mulai dari alergi. asma, depresi, tekanan darah tinggi, diabetes, sakit kepala, nyeri leher, dll. Namun bila kita merupakan penggemar kopi, teh, atau minuman bersoda, kita tidak bisa memasukkan minuman tersebut sebagai bagian dari kebutuhan 8 gelas per hari tadi. Karena sebagian dari minuman tersebut mengandung kafein yang sebenarnya memiliki efek berlawanan bagi tubuh kita. Kafein berperan sebagai diuretik bagi sistem tubuh kita dimana kita akan selalu merasa ingin buang air kecil. Sehingga bila kita penggemar kopi, kita juga harus minum lebih banyak air supaya kandungan air dalam tubuh kita tetap terjaga.

Menurut standar kelayakan kebutuhan air bersih adalah sebesar 49,5 liter/kapita/hari. Akan tetapi Badan dunia melalui UNESCO sendiri pada tahun 2002 telah menetapkan hak dasar manusia atas air bersih yaitu sebesar 60 ltr/org/hari (lihat gambar berikut).

Kebutuhan air

Pemerintah RI melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum membagi lagi standar kebutuhan air minum tersebut berdasarkan lokasi wilayah, seperti di bawah ini, yaitu :

  1. Pedesaan dengan kebutuhan 60 liter/per kapita/hari
  2. Kota Kecil dengan kebutuhan 90 liter/per kapita/hari.
  3. Kota Sedang dengan kebutuhan 110 liter/per kapita/hari.
  4. Kota Besar dengan kebutuhan 130 liter/per kapita/hari.
  5. Kota Metropolitan dengan kebutuhan 150 liter/per kapita/hari.

Ditambah lagi pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis dan Tata Cara Pengaturan Tarif Air Minum pada Perusahaan Daerah Air Minum BAB I ketentuan umum Pasal 1 ayat 8 menyatakan bahwa: “Standar Kebutuhan Pokok Air Minum adalah kebutuhan air sebesar 10 meter kubik/kepala keluarga/bulan atau 60 liter/orang/hari, atau sebesar satuan volume lainnya yang ditetapkan Iebih lanjut oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sumber daya air”.

Khusus pemerintah DKI Jakarta sangat peduli dengan standard kebutuhan air bersih untuk daerah Ibu kota Negara RI yaitu Jakarta, mengeluarkan stndard kebutuhan air bersih melalui suatu peraturan Pergub DKI Jakarta no : 122/2005

PerGub 122-2005

  1. Cara memilih pompa

Berdasarkan uraian di atas, kita dapat memilih pompa air sesuai dengan standard kebutuhan air bersih yang akan dibeli/dipakai. Standard di atas baik Unesco maupun Pemerintah RI, menuntun kita memilih pompa air sesuai dengan kapasitas pompa yang umum di jut pengalamal di toko teknik.

Dengan demikian kita dapat memilih pompa air berdasarkan jumlah orang yang akan menggunakan air pada suatu tempat,misalnya di perumahan, perkantoran dll.

Contohnya kalau penghuni suatu rumah ada 4 orang (ayah, ibu, 2 anak sesuai dengan program KB) maka kebutuhan air bersihnya 600 l/hari (sesuai dengan standard umum dari Pergub DKI no 122/2005). Tentunya besaran ini akan dikomperasikan dengan kondisi rumah tsb untuk memilih pompa air yang dibutuhkan, bisa saja pada saat yang bersamaan penggunaan kebutuhan air bersamaan ataupun beda waktu. Untuk mensiasati keadaan ini dapat dipakai tangki penampungan air sementara demi memenuhi kebutuhan air bersih.

Menurut pengalaman penulis untuk rumah tangga seperti jumlah penghuni di atas dapat memilih pompa air dengan kapasitas 60 – 80 liter/min dengan asumsi air yang dipompa ditampung pada tangki air. Demikian juga halnya untuk menentukan kebutuhan air yang selalu berpatokan kepada jumlah penghuni di setiap tempat. Selain jumlah penghuni tetapi perlu diperhitungkan kondisi lokasi tempat dimana pompa air tsb dioperasikan dan sumber air yang akan dipompa.

Lebih sederhana pemilihan pompa air dapat ditentukan berdasarkan selain jumlah penghini juga letak dan kondisi sumber air, sebagai contoh dengan kondis penghuni di atas sumber airnya sumur dalam (± ke dalaman sumur air di 15 meter, rumah biasa) dapat memilih pompa air jet pump yang umum di pasar toko teknik pompa disebut jet pum 20 meter (250 watt), kalau sumber airnya sumur dangkal daya pompanya yang umum di toko teknik disebut sekitar 125/150 watt.

Untuk lebih jelasnya ada beberapa besaran dan kondisi yang harus dipertimbangkan dan dihitung agar sesuai dengan kebutuhan, sebagai patokan dapat dilihat dengan standar kebutuhan air seperti diatas dan diambah pertimabangan kondisi sumber dab letak pompa yang akan dipasang.

  1. Toko Perkakas Teknik jual Pompa Air

Merujuk keterangan/uraian di atas, kami Toko Perkakas Teknik menjual pompa air berbagai jenis maupun merk untuk memenuhi kebutuhan Anda, seperti : pompa booster, pompa celup, pompa tekan, pompa celup, pompa kolam, pompa stainless steel dengan berbagai kapasitas, type maupun merek yang sudah cukup dikenal dan handal pemakaiannya. Merk yang kami jual adalah : Grundfos, Bossco, Onga, Showfou, Speroni, Nocchi, dll.

Pompa Grundfos CMBE 5-3 Pompa Grundfos CMB 1-4Pompa Bossco VFD-55Pompa Bossco MT-85T

Anda dapat menghubung kami via website www.tokoperkakasteknik.cow

maupun via HP/Telepon :

  • 085-888-222-050
  • 081-370-719-024 (W.Aps)
  • 021-5510367

Dan E-Mail :

  • salespompa@gmail.com
  • toniperkakas@ymail.com
  • toniperkakas@gmail.com

penelusuran terkait:

KONTAK KAMI ( Fast Respond )
*Kami siap melayani Anda dengan sepenuh hati!
Hotline : 085 888 222 050
SMS Center : 0813 7071 9024
BBM : 57A93606
Via Yahoo Messenger :

Belum ada komentar.
Jadilah orang pertama yang menulis komentar tentang Tips Memilih Pompa Air Bersih Sesuai Dengan Standard Kebutuhan Minimum




Pompa Kolam Bossco SMP-30 Aplikasi Produk Leister Untuk Las Plastik Genset Yanmar YTG Pompa Honda WB-30XN Pompa Pemadam Honda Onga 9HP Pompa Ebara SQPB-80 Las Dinamo Denyo D-300 Las Plastik Leister FUSION 3C
* klik gambar produk

You might also likeclose
Hotline : 085 888 222 050 SMS Center : 0813 7071 9024 BB Messenger : 57A93606 salespompa@gmail.com